Gandeng Indonesia Power, Pemkot Tangerang Kembangkan Bahan Bakar Jumputan Padat

- 24 April 2021, 20:50 WIB
Penandatanganan kerjasama antara Pemkot Tangerang bersama PT Indonesia Power kembangkan energi terbarukan.
Penandatanganan kerjasama antara Pemkot Tangerang bersama PT Indonesia Power kembangkan energi terbarukan. /Angger/ARAHKATA

ARAHKATA - Pemerintah Kota Tangerang menggandeng PT Indonesia Power (IP) melakukan penandatanganan kerja sama terkait penyediaan bahan bakar Jumputan Padat untuk Cofiring Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Langkah tersebut dilakukan guna meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dalam penyediaan listrik di Tanah Air.

Penandatanganan dilakukan secara daring oleh Direktur Utama IP, M. Ahsin Sidqi bersama Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah dan disaksikan Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, M. Ikhsan Asaad, Jumat 23 April 2021.

Baca Juga: Doa Bersama Buat KRI Manggala-402

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wilmansyah berharap, kerja sama ini dapat menjadi solusi penanganan masalah sampah di Kota Tangerang. Dengan penduduk hampir 2 juta, jumlah sampah di Kota Tangerang saat ini mencapai 1.500 ton.

“Jadi kami sangat mengapresiasi niat dan langkah terobosan sangat baik dari PLN dan IP dalam memberikan solusi bagi penanganan lingkungan di daerah. Setiap daerah menganggap sampah menjadi masalah, padahal dengan teknologi yang ada sekarang ini dapat menjadi EBT bisa membantu support dari kebutuhan pengganti batu bara,” ucap Arief.

Melalui kerja sama ini, Pemkot Tangerang akan melakukan pengembangan kelompok masyarakat (community development) dan fasilitasi komersialisasi pasokan bahan bakar jumputan padat.

Baca Juga: DPN Kombatan Dukung Penuh TB Hasanuddin Gantikan Moeldoko

Bahan bakar jumputan padat adalah bahan bakar yang berasal dari limbah (sampah) yang telah melalui proses pemilahan dan homogenisasi menjadi ukuran butiran kecil atau dibentuk menjadi pelet yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x