21 KRI Dikerahkan TNI Mencari KRI Nanggala 402

- 23 April 2021, 20:43 WIB
Kapal selam Nanggala 402 yang dikabarkan hilang usai latihan di perairan Bali Utara.
Kapal selam Nanggala 402 yang dikabarkan hilang usai latihan di perairan Bali Utara. /pmjnews.com

ARAHKATA - Sebanyak 21 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dikerahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk membantu proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang diperairan Bali Utara Rabu 21 April 2021 dini hari.

Dikutip dari infopublik.id, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan, pihaknya juga mengerahkan kapal selam KRI Alugoro-405 untuk membantu proses pencarian KRI Nanggala-402.

“Dari 21 KRI yang kerahkan untuk mencari KRI Nanggala-402 salah satunya adalah kapal selam KRI Alugoro-405. Selain 21 KRI yang melakukan pencarian TNI juga dibantu beberapa kapal dari Polri dan Basarnas,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Achmad Riad Jumat 23 April 2021.

Baca Juga: Golkar Sumut Diguncang Prahara, Airlangga Hartarto Diminta Turun Tangan

Kapuspen TNI mengatakan, bantuan dalam pencarian KRI Nanggala-402 juga datang dari beberapa negara sahabat seperti Singapura, Malaysia, Australia dan India.

Beberapa kapal bantuan dari negara sahabat seperti MV Swift Rescue (Singapura), MV Mega Bhakti (Malaysia), HMAS Ballarat dan HMAS Sirius (Australia) serta SCI Sabarmati(India).

Informasi yang diperoleh, KRI Rimau-724 telag mendeteksi satu titik magnet yang kuat. Selanjutnya TNI menerjunkan KRI Rigel-933 yang memiliki kemampuan sonar bawah laut untuk memastikan temuan KRI Rimau tersebut.

Baca Juga: Polisi Sita Mobil Kanvas Berisi Petasan Tanpa Izin di Sinjai

Menurut Mayjen TNI Achmad Riad, pencarian KRI Nanggala-402 difokuskan berada di area ditemukannya tumpahan minyak dan deteksi benda bermagnet tinggi. Dengan begitu, diharapkan kapal selam dapat segera ditemukan.

“Tim TNI AL saat ini masih menanti kehadiran KRI Rigel yang memiliki sonar. Dengan begitu, temuan benda magnet tinggi bisa dipastikan apakah itu kapal selam Nanggala atau bukan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x