Danone SN Indonesia Bangun Fasilitas Boiler Biomassa di Klaten, Ini Besarannya

- 26 April 2021, 21:31 WIB
Peletakkan batu pertama pembangunan Fasilitas Boiler Biomassa di Klaten Jawa Tengah
Peletakkan batu pertama pembangunan Fasilitas Boiler Biomassa di Klaten Jawa Tengah /Foto Dok. Danone

ARAHKATA - Dalam upaya mengurangi jejak karbon, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia mengawali pembangunan fasilitas Boiler Biomassa di Pabrik Sarihusada Prambanan. Peletakan batu pertama dilakukan bersama oleh Operation Director Danone SN Indonesia Azmin Hasmat dengan Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani yang diwakili Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten, Agus Suprapto.

Hadir pula dalam kegiatan ini pemangku kepentingan dari PT Tasma Bioenergy Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Tengah, Muspika dan perwakilan masyarakat sekitar.

Sebagai pemanfaat teknologi Bioenergi ini, Operation Director Danone SN Indonesia, Azmin Hasmat mengatakan bahwa upaya ini dilakukan sebagai kontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Danone di tingkat global berambisi untuk menjadi Perusahaan Karbon Netral pada tahun 2050 melalui pengurangan jejak karbon, praktik pertanian ramah lingkungan, mengeliminasi alih tutupan lahan dalam rantai pasok dan carbon offsetting.

Baca Juga: Dianggap Ilegal, Perkumpulan Cirebon Mengatasnamakan Kosgoro 1957 Bakal Dibubarkan

“Danone SN Indonesia berkomitmen untuk merealisasikan ambisi tersebut sekaligus mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan bauran energi terbarukan sebesar 23% pada 2025. Upayanya dilakukan melalui kerjasama antara PT. Sarihusada Generasi Mahardika dan PT. Tasma Bioenergy Indonesia, melalui pembangunan fasilitas Boiler Biomassa pertama di Propinsi Jawa Tengah”, kata Azmin.

Jawahar Harinarayanan, selaku President Director PT Tasma Bioenergy Indonesia mengatakan bahwa kerjasama strategis ini akan berkontribusi untuk mengatasi tantangan perubahan iklim yang terjadi saat ini. “Sesuai dengan keahlian kami, kami berupaya berperan aktif dalam penyediaan solusi energi terbarukan guna mendukung ambisi Danone menjadi Perusahaan Karbon Netral”, jelas Jawahar.

“Sarihusada Prambanan Plant secara bertahap akan mengganti Boiler berbahan bakar Gas alam dengan Boiler Biomassa. Penggunaan Boiler Biomassa ini akan menurunkan jejak karbon sebesar 8.300 Ton CO2 per tahun atau setara dengan jejak karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon, sehingga dapat mengurangi 32% jejak karbon yang dihasilkan oleh proses produksi di Pabrik Sarihusada Prambanan,” sambut Azmin.

Lebih jauh Azmin menjelaskan, Fasilitas Boiler Biomassa ini didirikan di tanah seluas 3.000 meter persegi di dalam area Pabrik Sarihusada Prambanan. Boiler yang akan siap beroperasi akhir tahun 2021 ini akan mensuplai kebutuhan steam dari kegiatan produksi hingga 40.000 ribu ton per tahun.

Baca Juga: Raffi Ahmad Menghadap Wali Kota Tangerang, Incar Persikota?

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x