Momentum May Day 2021, SPIM Akan Sampaikan Aspirasi Buruh di Morowali

- 1 Mei 2021, 01:12 WIB
Ketua Serikat Pekerja Industri Morowali (SPIM) Afdal, S.Pd./Wardi Bania/ARAHKATA
Ketua Serikat Pekerja Industri Morowali (SPIM) Afdal, S.Pd./Wardi Bania/ARAHKATA /

ARAHKATA - Dalam rangka memperingati hari buruh atau biasa disebut May Day 2021, Serikat Pekerja Industri Morowali (SPIM) akan menyampaikan aspirasi buruh Morowali yang rencananya dilaksanakan di Alun-Alun Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Morowali, pada Sabtu 1 Mei 2021. 

Menurut Ketua SPIM, Afdal, S.Pd, rencana penyampaian aspirasi tersebut, diawali dengan surat pemberitahuan aksi tertanggal, 27 April 2021, yang disampaikan kepada pihak Kepolisian Resort (Polres) Morowali.

"Setingan awal itu unras tpi saat masukan surat pemberitahuan, pihak polres dan pemda memberikan pertimbangan covid agar tdk aksi dikantor IMIP dan menawarkan utk penyampaian aspirasi di Alun-Alun-Alun Rujab Bupati Morowali," beber Afdal.

Baca Juga: SPIM akan Sampaikan Aspirasi Buruh di Morowali

Ada sejumlah tuntutan terkait problem buruh di Morowali saat ini yang akan sampaikan, baik kepada pihak perusahaan IMIP maupun kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Morowali.

Diantaranya, untuk perusahaan SPIM menuntut, agar segera memberlakukan cuti normal, menolak sistem kerja 3 soft 3 regu, hilangkan aturan siluman dan stop PHK sepihak, resign paksa dan mutasi sepihak.

"Kepada pihak pemerintah menuntut, pencabutan UU Ciptaker beserta PP turunannya. Dan meminta agar melindungi Hak Dasar kaum Buruh : THR, Upah Layak Nasional, K3 dan APD, Jaminan sosial, Hapus Sistim Kerja Kontrak dan Outsourchig," ungkapnya.

Baca Juga: Nelayan Korban Badai Seroja NTT Tiba di Sinjai, 10 Selamat dan 3 Hilang

Selain itu, tambah Aafdal, pihaknya juga menuntut untuk Stop PHK masal bedalih pandemi dan lindungi jaminan kepastian bekerja bagi seluruh rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x