Kaltim Jadikan Wastra Sebagai Pengenalan Nusantara Budaya

- 14 Juli 2021, 14:31 WIB
Ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti Isran Noor
Ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti Isran Noor /Instagram/@diskominfokaltim

ARAHKATA - Demi mempromosikan pengrajin kain dari daerah Kalimantan Timur (Kaltim), Wastra dijadikan sebagai pengenalan pada masyarakat Nusantara.

Untuk diketahui Wastra merupakan hasil kerajinan dari daerah dari Kalimantan Timur (Kaltim) berupa kain tradisional.

Sehingga Ketua Dekranasda Kaltim, Norbaiti Isran Noor mengatakan untuk lebih mengenal Wastra maka diselenggarakan lomba Cerita Wastra.

Baca Juga: Diskominfo Kaltim Berdayakan SDM Lokal dalam Berkarya Lewat TV Digital

“Contohnya Kab/Kota sudah mulai memakai wastra masing-masing sebagai pakaian kerja," katanya pada, 13 Juli 2021 seperti dilansir dalam diskominfo.kaltimprov.go.id.

Selain itu, ingin mempopulerkan Wastra sebagai bagian dari busana keseharian khususnya untuk generasi muda dan meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap kekayaan budaya.

"Nanti di sekolah-sekolah juga menggunakan motif batik daerahnya. Secara tidak langsung itu mengenalkan wastra khas yang kita miliki,” ucap Ketua Dekranasda Kaltim.

Baca Juga: Nyai Ahmad Dahlan, Perempuan yang Berperan Penting dalam Pendidikan Indonesia

Ia berharap dalam kompetesi Cerita Wastra Kaltim selain menggugah semangat yang terpenting adalah memberikan ide-ide kreatif baru pada produk pengrajin.

“Kompetisi ini bukan mencari juaranya saja, tapi bagaimana memberikan ide-ide kreatif pada hasil produk pengrajin," harapnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x