Apresiasi Desa Wisata Betawi, Menparekraf: Ayo Nabung Sampah

- 4 September 2021, 12:34 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno sedang membuat es selendang mayang di desa wisata Setu Babakan
Menparekraf Sandiaga Uno sedang membuat es selendang mayang di desa wisata Setu Babakan /Instagram/@sandiuno

ARAHKATA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengapresiasi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang sedang dikembangkan pengelola Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan, yakni Bank Sampah Pemuda Mandiri.

Dalam sebuah kunjungan kerja, Sandiaga mengunjungi Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi, Jakarta Selatan pada Jumat, 3 September 2021.

Bank Sampah Pemuda Mandiri merupakan konsep pariwisata ke depan yaitu pariwisata berkelanjutan.

Baca Juga: Menag Kecam Penyerangan Rumah Ibadah di Sintang

Program tersebut bertujuan,
mengumpulkan sampah yang masih layak pakai untuk diolah menjadi produk ekonomi kreatif.

“Tadi kita melihat ada Bank Sampah yang sedang dikembangkan, ini merupakan bagian dari pariwisata berkelanjutan dan juga membuka peluang usaha bagi pelaku ekonomi kreatif masyarakat Betawi. Untuk itu, saya imbau kepada seluruh masyarakat untuk menabung sampah dan menyetornya ke Bank Sampah,” ucap Sandiaga.

Desa Wisata Perkampungan Budaya Betawi ini berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Administratif Jakarta Selatan.

Baca Juga: Pelonggaran Aturan bagi Pengguna TransJakarta Berlaku Hari Ini

Desa seluas 289 hektare ini memiliki dua setu, yaitu Setu Babakan dan Setu Mangga Bolong yang dimanfaatkan untuk wisata air, seperti sepeda air, olahraga kano, dan memancing.

Suasananya pun asri dan sejuk karena dikelilingi rindangnya pepohonan khas Betawi seperti kecapi, rambutan, sawo, nangka, melinjo dan pisang.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x