Menag Himbau Jemaah Umrah Taati Prokes yang Berlaku

- 21 Oktober 2021, 13:18 WIB
Yaqut Cholil Qoumas
Yaqut Cholil Qoumas /Tangkap layar Youtube/ Kemenag RI

ARAHKATA – Menyusul informasi terkait Indonesia yang akan segera membuka perjalanan ibadah umrah, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas himbau Penyelenggara Ibadah Umrah (PPIU) agar nantinya jemaah dan pihak terkait untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Saya sangat berharap PPIU benar-benar memastikan jemaah mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang berlaku,” kata Menag pada acara pembukaan Mukernas Ampuri (Asosiasi Muslim penyelenggara Haji dan Umrah RI), dikutip Arahkata pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Menurut Yaqut keberhasilan dalam menyelenggarakan umrah akan berhubungan dengan upaya untuk membuka perjalanan ibadah haji di masa mendatang.

Baca Juga: Menag Ditunjuk Jadi Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia

“Jangan sampai ada kejadian, hasil tes PCR di tanah air negatif, tapi positif saat tiba di Arab Saudi. Entah karena proses tesnya atau karena tidak patuhnya pada prokes setelah dites di tanah air,” ujarnya.

Selain itu, Yaqut juga mengungkapkan bahwa pihaknya kini sedang dalam proses menyusun tata cara baru untuk mengurangi resiko dalam penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi.

“PPIU, kami minta untuk bekerjasama, kooperatif dalam mendukung prosedur baru tersebut. kita tunjukan kalau PPIU dan jemaah kita adalah jemaah yang patuh pada regulasi dan protokol kesehatan,” katanya.

Baca Juga: Skema Umrah Dirumuskan, Begini Kesepakatannya

Sementara itu, Yaqut juga berharap dari digelarnya acara Mukernas Amphuri tersebut dapat memberikan tambahan masukan sebagai solusi terkait penyelenggaraan umrah dan haji di masa pandemi.

“Saya berharap Mukernas Amphuri kali ini memberikan sumbangsih dalam kepatuhan pada protokol dan regulasi, inovasi, peningkatan layanan, serta soluasi atas tantangan penyelenggaraan haji dan umrah di masa kini dan mendatang,” katanya.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x