Muhammadiyah Siap Kirim Bantuan Usai Terima Kunjungan Dubes Ukraina

- 11 Maret 2022, 09:00 WIB
Duta Besar Ukraina untuk IndonesiaVasyl Hamianin ungkap kecintaan bangsanya terhadap Jenderal Soedirman
Duta Besar Ukraina untuk IndonesiaVasyl Hamianin ungkap kecintaan bangsanya terhadap Jenderal Soedirman /ANTARA

ARAHKATA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti mengaku siap membantu masyarakat Ukraina yang terdampak invasi Rusia.

Sebelumnya, Duta Besar (Dubes) Ukraina Vasyl Hamianin mendatangi Muhammadiyah dalam rangka meminta dukungan organisasi agama dan masyarakat Indonesia pada Ukraina.

Abdul Mu'ti menerima Vasyl Hamianin, di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, pada Kamis 10 Maret 2022, siang.

Baca Juga: Bahas Invasi Militer Rusia, Dubes Ukraina di Indonesia Kunjungi Muhammadiyah

"Kami sampaikan bahwa pada prinsipnya, Muhammadiyah, insyaallah akan berusaha bisa bantu saudara-saudara kita di Ukraina yang menjadi korban dari peperangan ini," kata Abdul Mu'ti kepada wartawan usai pertemuan.

Muhammadiyah akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Kementerian Luar Negeri untuk mewujudkan hal tersebut. Bantuan-bantuan rencananya disalurkan melalui lembaga internasional.

"Tetapi memang kami akan salurkan melalui lembaga-lembaga internasional dan tentu saja kerja sama dan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri," kata dia.

Baca Juga: 17 Orang Terluka Akibat Serangan Rusia di Rumah Sakit Anak dan Bersalin Ukraina

Terkait jumlah bantuan, Abdul belum menyebutkan secara rinci karena harus berdiskusi terlebih dahulu dengan lembaga Muhammadiyah lainnya.

"Kami belum bisa sampaikan bentuknya apa dan jumlahnya apa karena harus dikomunikasikan dulu dengan LazisMu dan juga Muhammadiyah Aid," tandas Abdul.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x