BPBD: 114 Bangunan Rusak di Gunung Kidul Akibat Gempa Bumi Berkekuatan 6,4 M

- 1 Juli 2023, 16:25 WIB
Warga menunjukkan rumah yang rusak pascagempa di Pacarejo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Menurut data BPBD DIY dampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang berpusat 86 kilometer barat daya Kabupaten Bantul.
Warga menunjukkan rumah yang rusak pascagempa di Pacarejo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Sabtu (1/7/2023). Menurut data BPBD DIY dampak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang berpusat 86 kilometer barat daya Kabupaten Bantul. /Hendra Nurdiyansyah/ANTARA

ARAHKATA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mendapat laporan kerusakan sebanyak 114 bangunan akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat 30 Juni 2023.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul Sumadi di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan berdasarkan data yang masuk Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Gunungkidul sebanyak 114 bangunan yang mengalami kerusakan ringan hingga parah.

"Data itu sifatnya masih sementara. Kami masih melalukan pendataan di lapangan dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,4 pada Jumat 30 Juni 2023," kata Sumadi.

Baca Juga: Kurban Asik Tanpa Plastik, Edukasi & Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Dampak Sampah Saat Idul Adha

Ia mengatakan kerusakan bangunan tersebut tersebar di 12 kecamatan/kapanewon di wilayah ini. Tingkat kerusakan sebagian besar ringan dan sedang seperti genting lepas, hingga tembok rumah retak.

"Dari total 114 kerusakan, paling banyak terdampak adalah rumah warga. Lainnya termasuk gedung perkantoran, kandang ternak, rumah ibadah, sekolah, pasar, hingga jaringan listrik," katanya, dikutip ArahKata.com.

Selain itu, kata Sumadi, BPBD Gunungkidul menerima laporan adanya korban luka dan warga yang mengungsi.

Baca Juga: Bangun Patung Soekarno Rp 14,5 Miliar, Dokter Tifa Sindir Ridwan Kamil

Berdasarkan laporan yang masuk, lanjutnya,  ada lima korban luka, salah satunya mengalami patah tulang dan dirawat di RSUD Wonosari. Sedangkan lainnya mengalami cedera ringan, trauma ringan, dan sempat pingsan.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x