Siap-Siap! Warga DKI Jakarta Harus Cetak Ulang KTP Berubah Jadi DKJ

- 19 September 2023, 09:59 WIB
Siap-Siap! Warga DKI Jakarta Harus Cetak Ulang KTP Berubah Jadi DKJ
Siap-Siap! Warga DKI Jakarta Harus Cetak Ulang KTP Berubah Jadi DKJ /Readers.com

ARAHKATA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengatakan seluruh warga DKI Jakarta harus mencetak ulang Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Hal itu dikarenakan berubahnya identitas Jakarta nanti setelah ibukota pindah ke IKN. Berubahnya DKI Jakarta akan menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

"Ya itu kan pasti berubah, kan Daerah Khusus Ibu Kota jadi Daerah Khusus Jakarta, tentunya harus ada penyesuaian di semua identitas, ya
​​​​​cetak ulang aja," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, dikutip Arahkata Selasa 19 September 2023.

Baca Juga: Dua WNA Ditangkap Gunakan KTP Palsu Buka Rekening Bank di Bali

Ia menyebutkan, Pemprov DKI juga sudah bersiap untuk mulai mensolisasikan perubahan status ini kepada warga. Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan anggaran tersebut tahun depan.

"Ya anggaran kita siapkan, kan itu tahun depan. Nanti kita sosialisasi karena RUU-nya sedang dalam proses penyelesaian," ujarnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaludin mengatakan, pihaknya siap melayani perubahan nama kota jika DKI Jakarta sudah berubah menjadi DKJ.

Baca Juga: KTP Digital Lebih Canggih Ini Kelebihannya Dari KTP Elektronik

"Terkait cetak ulang KTP-el, memang sepantasnya saat DKI Jakarta berubah menjadi DKJ tentunya harus juga ada perubahan secara redaksional di dalam KTP bagi warga DKJ," kata Budi, Senin 8 September 2023.

Namun perubahan tersebut akan dilakukan secara bertahap agar berjalan tertib dan menyesuaikan dengan stok blanko yang tersedia setiap harinya.

Menurut Budi, saat DKI Jakarta sudah berubah menjadi DKJ, warga pastinya berkeinginan memperbarui nama kota di KTP elektroniknya.

Baca Juga: Mendag Zulhas: Beli MinyaKita Kini Tak Perlu Pakai KTP, Merepotkan Masyarakat

Budi menjelaskan blanko merupakan bahan dasar dari pencetakan KTP. Tentunya dengan perubahan nama kota, maka secara serentak identitas seluruh warga DKI menjadi DKJ.***

Editor: Tia Martiana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x