Mulai Hari Ini Tarif Tol JORR Naik Jelang Nataru, Ini Perincian Tarif Barunya

- 4 Desember 2023, 11:05 WIB
Ilustrasi Tol JORR Elevated CIkunir-Ulujami/ Informasi profil Tol JORR Elevated Cikunir - Ulujami.
Ilustrasi Tol JORR Elevated CIkunir-Ulujami/ Informasi profil Tol JORR Elevated Cikunir - Ulujami. /instagram.com/@pupr_bpjt

ARAHKATA - Mulai hari ini, Senin, 4 Desember 2023 tarif tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), akses Tanjung Priok, dan Pondok Aren-Ulujami mengalami kenaikkan yang berlaku sejak pukul 00.00 WIB.

Tarif tol yang mengalami peningkatan melibatkan sejumlah ruas, seperti Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tanjung Priok Seksi E-1, E-2, E-3, NS (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Badan usaha jalan tol (BUJT) menjelaskan bahwa penyesuaian tarif tol ini mengikuti aturan yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, yang telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017.

Baca Juga: Parah! Puluhan Ribu Data Nasabah Bank Kalteng Diduga Bocor dan Dijual di Darkweb 

Menurut regulasi ini, penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

"Penyesuaian tarif ini telah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1604/KPTS/M/2023," ungkap Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Jasamarga Metropolitan Tollroad, Panji Satriya dalam keterangannya.

Keempat Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Ruas JORR, ATP, dan Pondok Aren-Ulujami, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Marga Lingkar Jakarta, dan PT Jakarta Lingkar Barat, mengklaim telah memenuhi standar pelayanan minimum (SPM) yang ditetapkan pemerintah.

 Baca Juga: Ganjar Ungkap Bisikan Rahasia Jokowi: Mau Saya Buka Rahasianya?

"Peningkatan layanan termasuk penyediaan Mobile Reader untuk mempercepat waktu transaksi, implementasi dan pengembangan transaksi Single Lane Free Flow (SLFF), serta peningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol," jelasnya.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x