Imbas Habib Rizieq Pulang, Bandara Rugi Hingga Pencopotan Kapolda Metro

- 16 November 2020, 23:12 WIB
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah), menyapa ribuan jamaahnya di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 13 November 2020. Kedatangannya ke Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan masjid di Ponpes tersebut.
Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah), menyapa ribuan jamaahnya di jalur Puncak, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 13 November 2020. Kedatangannya ke Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI, Megamendung, Kabupaten Bogor untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan masjid di Ponpes tersebut. /ANTARA/Arif Firmansyah

ARAHKATA - Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tiba di Indonesia Selasa, 10 November 2020. Besok, seminggu sudah Rizieq berada di tanah air. Dalam hitungan jari, tercatat telah terjadi sejumlah peristiwa yang menghebohkan publik.

Terbaru yakni dicopotnya Irjen Nana Sudjana oleh Kapolri Jenderal Idham Azis dari jabatannya sebagai Kapolda Metro Jaya yang tidak melaksanakan perintah terkait pengamanan protokol kesehatan. Pencopotan ini diduga juga merupakan buntut acara pernikahan putri Rizieq Shihab serta Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 November 2020.

Baca Juga: Tak Bisa Cegah Kumpulan Massa FPI, Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat Dicopot

Selain itu, kembalinya Rizieq Shihab ke Indonesia juga berimbas pada ruginya pihak pengelola bandara internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng. Kerugian tersebut yakni rusaknya beberapa kursi tunggu di Terminal 3 kedatangan internasional. Kaki-kaki kursi patah sehingga kursi tidak mungkin bisa digunakan. Kaca pembatas di area terminal tiga juga retak. Gipsum pembatas area renovasi pun rusak.

Kerugian lain akibat kedatangan Rizieq Shihab yang disambut massa FPI dan umat Islam yaitu kemacetan total di sekitar area bandara. Lantaran macet itulah, dikabarkan banyak pilot yang gagal terbang. Para pilot tersebut terjebak macet saat hendak menunaikan tugasnya di bandara. Bukan hanya pilot, beberapa kru pesawat juga terjebak macet kala itu.

Baca Juga: Klarifikasi Acara Habib Rizieq Shihab, Mabes Polri akan Panggil Anies Baswedan
Kemacetan akibat membludaknya massa penjemput Rizieq Shihab juga menyebabkan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno harus naik ojek untuk mencapai bandara guna menunaikan tugasnya kepala daerah.

Sementara di luar bandara, terdapat juga anggota masyarakat yang harus mengembuskan nafas gegara ikut menunggu kehadiran Rizieq Shihab di kawasan Slipi, Jakarta Barat.

Anggota masyarat yang meninggal itu diketahui memang bukan laskar FPI atau massa pendukung, namun hanya seorang penjual ikan yang ingin melihat dari dekat sosok Rizieq Shihab.

Baca Juga: Habib Rizieq Shihab Siap Berdamai Dengan Pemerintah, Asal...

Selain peristiwa, kedatangan Rizieq Shihab juga menuai kecaman dari berbagai kalangan mulai dari selebriti, budayawan hingga kalangan kesehatan.

Bahkan yang terakhir ini disebutkan kalau gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan akan diperiksa polisi lantaran acara resepsi pernikahan putri pentolan FPI tersebut.

Anies menyatakan tindakannya tak membubarkan kerumunan dan hanya menjatuhkan denda sudah sesuai aturan. Ia bahkan mengklaim pihaknya sudah bertindak cepat atas peristiwa ini.

"Ketika terjadi pelanggar atas protokol kesehatan, maka pelanggaran itu ditindak sesegera mungkin. Dalam waktu kurang dari 24 jam, Pemprov DKI Jakarta menegakkan aturan," ujar Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 16 November 2020.***







Editor: Alamsyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x