Kiat Kelola Uang Tunjangan Hari Raya Agar Hemat dan Lebih Bermanfaat

- 7 April 2024, 11:58 WIB
Ilustrasi uang THR
Ilustrasi uang THR /Sumber : Antaranews

ARAHKATA - Menjelang perayaan hari besar lebaran, pada umumnya pekerja di Indonesia akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) yang digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan atau hadiah bagi orang-orang terkasih.

Sayangnya, dalam keterangan resmi Bank Mandiri di Jakarta, Sabtu, 6 April 2024 sebanyak 90,6 persen orang di Indonesia memiliki kecenderungan lebih boros pada bulan Ramadhan, terutama untuk mudik lebaran menurut survei dari Databoks pada tahun 2023 yang melibatkan 963 responden.

Baca Juga: 269 Juta Masyarakat Terlindungi Program JKN Peringati Hari Kesehatan Sedunia

“Perilaku borosnya orang saat menggunakan uang THR dihubungkan dengan keadaan individu yang dirasa tidak dapat mengontrol kebutuhan prioritasnya. Selain itu, kebanyakan orang juga belum memiliki pemahaman yang baik tentang mengelola keuangan,” kata Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Diana Hasan, S.E., M.M.

Maka dari itu, guna mencegah terjadinya pemborosan ada baiknya uang THR digunakan hanya untuk hal-hal yang bermanfaat dan dikelola sebaik mungkin sejak awal.

Baca Juga: MK Sebut Sidang Sudah Selesai Pastikan Tak akan Panggil Jokowi

Berikut sejumlah kiat yang dapat diterapkan agar uang yang terkumpul dapat bermanfaat dalam jangka waktu panjang: Tentukan skala prioritas keuangan Selalu tentukan skala prioritas keuangan dengan menggolongkan pengeluaran mulai dari tabungan, dana darurat dan tabungan khusus, misalnya untuk pergi haji. Masyarakat juga diingatkan untuk memprioritaskan pengeluaran rutin.

Bayar zakat Setelah menerima uang THR, pastikan untuk membayar zakat atau bersedekah sebagai bentuk berbagi kepada sesama yang lebih membutuhkan. Hal itu akan lebih bermanfaat dibandingkan membeli barang-barang yang dirasa hanya ingin dipakai dalam waktu sekejap saja.

Baca Juga: Inilah 12 Tips Cegah Mesin Mobil Overheat Saat Mudik Lebaran 2024

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah