Koalisi Puan Maharani dan Airlangga Hartarto Makin Terbuka Tinggal Tunggu Waktu

- 9 Oktober 2022, 18:55 WIB
otensi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan PDI Perjuangan terbuka lebar setelah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga bersama Ketua PDIP Puan Maharani pada Sabtu, 8 Oktober 2022.
otensi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan PDI Perjuangan terbuka lebar setelah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga bersama Ketua PDIP Puan Maharani pada Sabtu, 8 Oktober 2022. /ANTARA

ARAHKATA - Potensi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan PDI Perjuangan terbuka lebar setelah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berolahraga bersama Ketua PDIP Puan Maharani pada Sabtu, 8 Oktober 2022.

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad berpendapat, pertemuan kedua tokoh ini memungkinkan untuk menarik gerbong koalisi KIB yang di dalamnya ada Golkar untuk menjalin blok koalisi politik yang lebih besar dengan PDIP.

Baca Juga: Silahturahmi Politik AHY - Anies Baswedan Miliki Kesamaan Visi dan Semangat Sama

"Kondisi ini memungkinkan karena kedua partai yang ada dalam koalisi tersebut, PAN, dan PPP juga memiliki pengalaman bersama sebagai partai pendukung pemerintahan Jokowi saat ini,” kata Nyarwi kepada wartawan, dikutip ArahKata.com, Minggu, 9 Oktober 2022.

Menurutnya, PDIP dan Golkar merupakan partai yang sama-sama dikenal sebagai partai nasionalis yang selalu lekat dengan dengan narasi-narasi besar untuk memperkokoh semangat gotong royong, memperkokoh ikatan kebangsaan, dan melanjutkan agenda-agenda pembangunan.

Baca Juga: Pengamat Minta Panglima TNI Fokus Pikirkan Kesejahteraan Prajurit Ketimbang Pencitraan

“Kedua partai ini pada dasarnya banyak memiliki kesamaan. Kalau melihat hal ini, maka peluang koalisi Mbak Puan dan Pak Airlangga sebenarnya hanya tinggal menunggu waktu saja,” katanya.

Selain itu, Nyarwi menilai kedua sosok ini dikenal memiliki hubungan yang baik, sebagai politisi maupun ketika berada dalam pemerintahan. Keduanya, lanjut Nyarwi, sama-sama pernah punya pengalaman dalam mengelola pemerintahan sebagai menteri koordinator di era Jokowi.***

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah