Vaksin Covid-19 Diprediksi Tumbuhkan Kredit 11 Persen

- 17 Desember 2020, 20:51 WIB
/

ARAHKATA - Program Pemerintah Indonesia Vaksinasi Covid-19 yang akan dimulai tahun 2021 diprediksi banyak membawa dampak positif. Salah satunya tumbuhnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengajuhkan kredit ke Bank Jatim sebesar 10-11 persen.

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman mengatakan, tumbuhnya penyaluran kredit UMKM akibat kehadiran vaksin covid-19 sehingga tercipta stimulus. Proyeksi tumbuhnya kredit UMKM itu sejalan prediksi ekonomi nasional yakni tumbuh 5 persen.

Busrul menilai pertumbuhan ekonomi yang diproyeksi ini secara bisnis akan lebih bagus untuk jangka kedepan.

Baca Juga: Status Tanah Belum Jelas, SLBNA Desak Ombudsman Kerja Sesuai Koridor

“Maka Bank Jatim membuat prediksi tahun depan kinerja kredit kita bisa tumbuh 10 persen - 11 persen walaupun secara nasional proyeksinya 8 persen,” tutur Busrul, saat paparan publik expose, di kantor pusat Bank Jatim, Kamis 17 Desember 2020.

Busrul menjelaskan, jika kredit tumbuh, pihaknya berharap pelaku UMKM ikut bagian dalam upaya menggerakkan ekonomi Jatim. Mengingat saat ini ekonomi sedang lesu dengan adanya pandemi covid-19.

Busrul mencatat selama ini 60 persen adalah kontribusi kredit adalah konsumtif. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kredit produktif yang hanya 40 persen ini akan meningkat.

"Untuk itu kami punya skim untuk UMKM,” paparnya.

Baca Juga: Begini Bunyi Pancasila Versi Wakanda Ala Rahma Sarita yang Buatnya Dipecat MPR

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah