Eti Kurniawati, Guru Geografi Non Muslim Pertama Yang Mengajar di MAN Tana Toraja

- 2 Februari 2021, 08:02 WIB
Eti Kurniawati, seorang guru geografi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bersama guru lain
Eti Kurniawati, seorang guru geografi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bersama guru lain /Arahkata/

 

ARAHKATA - Eti Kurniawati, seorang guru geografi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) viral dimedia sosial. Masalahnya karena Penempatan guru beragama non islam di Madrasah Aliyah Negeri ini dinilai tidak sesuai, karena kedepanya ia tidak mengenakan busana muslim selama mengajar.

Dikutip dari halaman resmi website Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan yang di posting pada 27 Januari 2021 kemarin, Eti Kurniawati, batal mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Alasannya, pada tanggal 19 Januari lalu dirinya bersama delapan orang CPNS lainnya karena terkonfirmasi postif Covid 19 berstatus tanpa gejala (OTG).

Eti pun baru mengetahui lokasi penempatannya setelah membuka amplop coklat berisi SK yang diserahkan oleh Kepala Subbagian Kepegawaian dan Hukum Kanwil Kemenag Sulsel, H.Burhanddin, MM di ruang kerjanya, Selasa 26 Januari 2020.

Wanita berambut lurus ini mengatakan, dirinya sama sekali tidak menduga akan ditempatkan di MAN Tana Toraja, karena ia beragama kristen.

Baca Juga: 10 Fakta BLT BPJS yang Batal Dicairkan

"Awalnya saya kaget ketika menerima SK dan mengetahui bahwa saya ditempatkan di MAN Tana Toraja. Saya pikirnya akan ditempatkan di sekolah umum sesuai agamaku", ungkapnya.

"Tapi ya karena saya yakin ini adalah rencana Tuhan dalam hidup saya, maka akan saya jalani sebaik mungkin dan berusaha beradaptasi dengan lingkungan yang baru nantinya", tambahnya.

Alumni UNM Makassar ini mengaku, akan berusaha untuk dapat melangkah sesuai dengan kaidah agamanya yang juga menghargai perbedaan keyakinan orang lain. "Contohnya, karena lingkungan tempatku nanti semua pada pakai jilbab maka saya harus beradaptasi dengan menggunakan baju lengan panjang dan rok panjang pula", jelasnya.

Wanita yang selama ini berdomisili di Kota Makassar merasa tidak asing dengan lokasi penempatannya. Terlebih leluhurnya juga berasal dari Tana Toraja.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x