Kadisdik Kota Bekasi Keluhkan Guru Kurang Kreatif Saat Belajar Daring

- 12 Februari 2021, 16:16 WIB
Belajar Daring
Belajar Daring /ARAH KATA/Janeb13

ARAHKATA - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dr.H. Inayatullah, meminta para Guru membuat sistem pembelajaran yang kreatif dan efektif untuk meningkatkan peserta didik aktif saat proses pembelajaran daring/jarak jauh di masa pandemi Covid-19 pada, 11 Februari 2021.

Menurut Inayatullah penggunaan e-learning saat ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran karena sistem tersebut tidak memiliki batasan akses.

“Memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan lebih banyak waktu dan tidak memerlukan tatap muka langsung mengingat adanya social distancing dan kebijakan lainnya terkait protokol kesehatan yang sudah di tetapakan oleh pemerintah,” katanya.

Selain itu, Inayatullah menjelaskan guru harus memiliki kreatifitas yang memang harus dikuasai para pendidik ditengah penerapan kurikulum yang ada di tengah keterbatasan ini.

Baca Juga: Camat Tambun Utara Minta Normalisasi Kali Bekasi ke Pemerintah Pusat

“Untuk keefektifan pembelajaran daring dimasa pandemi harus diterapkan karena pada dasarnya pembelajaran yang teramat kaku jelas tidak akan efektif didalam pembelajaran, maka diharapkan guru mampu dalam menerapkan kurikulum yang ada di tengah keterbatasan sekarang ini," jelasnya.

Inayatullah mengharapkan Guru jangan sampai memberikan beban para siswa dalam pemberian tugas karena di tengah kondisi seperti ini motivasi mereka akan semakin menurun.

“Dalam memberikan tugas belajar harus sewajarnya dengan instruksi yang jelas dan sesuai tujuan belajar," terangnya.

Oleh karena itu, Inayatullah menyatakan guru perlu berupaya untuk selalu berkomunikasi dengan siswa dengan memberikan stimulus dan motivasi yang penuh semangat dan metode yang baik, memberikan respons, membuka ruang dialog secara demokratis.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x