Kemenkes Siapkan Vaksinasi Drive Thru Bagi Warga Lansia

- 6 Maret 2021, 14:10 WIB
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito.
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. /Twitter/@Menlu_RI/

ARAHKATA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membuka layanan vaksin tanpa turun kendaraan atau drive thru bagi lanjut usia (lansia) di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah akses bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Bagi lansia, Kemenkes tengah mempersiapkan surat edaran agar sasaran ini dapat memperoleh vaksin di lokasi terdekat dari tempat tinggalnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito saat meresmikan program drive thru, Kamis 4 Maret 2021 lalu menjelaskan, dengan adanya program tersebut, para lansia tidak harus mengantri dan berpergian jauh sampai ke fasilitas kesehatan di ibu kota provinsi untuk memperoleh vaksin.

Baca Juga: Sembuh dari Covid-19, Azriel Hermansyah: Bisa Jalan-jalan Lagi!

"Khusus warga lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta, saat ini sudah bisa mengakses vaksin secara drive thru," katanya.

Layanan ini sudah dibuka sejak Rabu, 3 Maret 2021 lalu dan akan berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Vaksinasi berlangsung setiap hari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Bagi para lansia yang berdomisili di Jakarta, cukup mendaftarkan diri melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc.

Wiku menjelaskan, kerja sama yang dilakukan Kemenkes dengan Halodoc dan Gojek bukan sebagai bentuk komersialisasi, serta layanan ini diadakan secara gratis bagi masyarakat lansia.

"Perlu diingat, kerja sama yang dijalin dengan Halodoc dan Gojek, bukan merupakan bentuk komersialisasi vaksin Covid-19. Kerja sama ini merupakan upaya meningkatkan cakupan vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta," jelasnya.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x