Bantah Isu 3 Periode, KSP Sebut Jokowi Berkiblat Pada Reformasi

- 16 Maret 2021, 20:44 WIB
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramordhawardani.
Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramordhawardani. /Dok. KSP

ARAHKATA - Kantor Staf Presiden (KSP) membantah isu masa jabatan 3 periode yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). KSP menilai adanya agenda terselubung dari dihembuskannya isu tersebut.

"Terkait isu tersebut perlu ditegaskan bahwa presiden Joko Widodo tidak memiliki hasrat sama sekali untuk masa jabatan presiden 3 periode," kata Deputi V KSP Jaleswari Pramodhawardani dalam rilis yang diberikan kepada wartawan, Selasa, 16 Maret 2021.

Menurut Jaleswari sampai saat ini presiden masih Memegang teguh roh perjuangan reformasi tentang pemberantasan periode masa jabatan presiden.

"Presiden Sampai dengan saat ini masih memegang komitmen reformasi tentang pembatasan periode masa jabatan presiden hanya boleh dua periode," ujar Jaleswari.

Baca Juga: MA Tolak Kasasi Eks Menpora Imam Nahrowi

Peneliti LIPI bidang Hukum itu mengaku sudah menanyakan langsung kepada Presiden Jokowi terkait adanya isu 3 periode. Jawaban Presiden Jokowi tetap sama ia menegaskan tidak pernah berniat untuk melaksanakan komando presiden 3 periode.

Presiden Jokowi juga sempat berasumsi bahwa isu ini sengaja dihembuskan pada pihak-pihak yang tidak menyukai kepemimpinannya selama masuk dua periode ini. 

Jaleswari meyakinkan keberadaan isu 3 periode kepemimpinan presiden ini juga sudah dihembuskan pada akhir tahun sejak 2019 lalu.

"Komitmen tersebut telah ditegaskan oleh Presiden jauh-jauh hari pada 2 Desember 2019. Presiden menegaskan bahwa ide masa jabatan presiden 3 periode merupakan isu yang dihembuskan untuk menampar muka Presiden, mencari muka Presiden, dan menjerumuskan Presiden," ucap Jaleswari.

Jaleswari menambahkan bahwa isu mengenai wacana penambahan masa jabatan presiden menjadi 3 periode sudah dihembuskan sejak era kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x