Angkasa Pura II Gandeng BNPT Cegah Aksi Terorisme di Bandara

- 16 April 2021, 10:32 WIB
Kerjasama pencegahan aksi terorisme antara PT  Angkasa Pura II dengan BNPT
Kerjasama pencegahan aksi terorisme antara PT Angkasa Pura II dengan BNPT /Angger/ARAHKATA

ARAHKATA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bekerjasama dengan PT. Angkasa Pura II (Persero). Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan dalam rangka pencegahan aksi terorisme di objek vital negara khususnya di Bandara Soekarno Hatta.

Dikutip dari bnpt.go.id, Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., Perjanjian ini dibuat sebagai tindak lanjut atas nota kesepahaman yang ditandatangani oleh BNPT dan Kementerian BUMN tentang sinergisitas pencegahan terorisme di lingkungan Kementerian BUMN, dan BUMN pada 11 Oktober 2019 lalu.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri ini menyampaikan, tindak pidana terorisme merupakan kejahatan yang mengancam keamanan negara, kejahatan yang bersifat transnasional, dan terorganisasi.

Baca Juga: Pemuda LIRA Nilai Kepala BNPT dan BPIP Layak di Copot

Sebagaimana yang diamanat oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018, yang tertuang pada Pasal 43A, menyatakan bahwa pemerintah wajib melakukan pencegahan tindak pidana terorisme.

Dalam upaya pencegahan, pemerintah melakukan langkah antisipasi secara terus-menerus yang dilandasi dengan prinsip pelindungan hak asasi manusia dan prinsip kehati-hatian.

“Dalam rangka memberikan rasa aman kepada warga negaranya, negara melalui pemerintah tentu diharapkan melakukan tindakan yang totalitas dalam upaya pencegahan dan meretaskan virus radikalisme dan intoleran. Karena ini menjadi bibit awal yang ada di masyarakat, tidak terkecuali di lingkungan pekerjaan," imbuhnya.

Baca Juga: Kinerja BNPT dan BPIP Dipertanyakan Pemuda LIRA

"Karena virus ini tidak pandang bulu, oleh karena itu negara harus melindungi semua komponen yang membentuk bangsa indonesia, mulai dari rakyat, kekayaan alam, serta nilai-nilai bangsa yang harus dipertahankan,” ujarnya, Kamis 15 April 2021 di Ruang Auditorium 1, Kantor Pusat PT. Angkasa Pura II (Persero) di Tangerang, Banten.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x