Jokowi Rehabilitasi Tanaman Mangrove Antisipasi Perubahan Iklim

- 24 September 2021, 13:15 WIB
Potret Presiden Jokowi saat bersama masyarakat untuk melakukan penanaman pohon mangrove
Potret Presiden Jokowi saat bersama masyarakat untuk melakukan penanaman pohon mangrove /instagram/@jokowi

ARAHKATA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kunjungi rehabilitasi tanaman mangrove di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis 23 September 2021.

Selain itu, Jokowi juga turut serta melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat sekitar.

Jokowi pun menegaskan akan terus mengupayakan rehabilitasi mangrove untuk mengantisipasi perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi di dunia.

Baca Juga: Jokowi Gelar Kegiatan Lepasliarkan Ribuan Tukik di Cilacap

“Memang rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove ini, dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi sekarang ini di dunia, untuk memitigasi perubahan iklim yang ada,” kata Jokowi.

Diketahui penanaman pohon mangrove memiliki banyak dampak positif bagi alam diantaranya, melindungi pantai dari abrasi, mengurangi energi gelombang laut, menghambat instrusi air, memperbaiki lingkungan dan memperbaiki habitat hewan pesisir.

Jokowi juga berharap dengan perbaikan lingkungan dan habitat pesisir mampu meningkatkan produksi hewan laut seperti ikan hingga kepiting, sehingga pendapatan masyarakat sekitar pun ikut meningkat.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi Merdeka di Kampus IPB

“Tadi ini kita dapat kepiting dua, sehinhha nantinya kita harapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai ini,”

Rehabilitasi mangrove terus digalakan oleh instansi terkait seperti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Badan Restorasi Gambut.

Lebih lanjut, Indonesia menargetkan seluas 34 ribu hektar untuk rehabilitasi mangrove di seluruh wilayah Indonesia.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x