Saingan IDI, PDSI Deklarasi Organisasi Profesi Dokter Tersertifikasi

- 28 April 2022, 05:05 WIB
Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi berdiri.
Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi berdiri. /PDSI

ARAHKATA - Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) resmi mendeklarasikan diri sebagai salah satu organisasi profesi kedokteran, Rabu, 27 April 2022.

Keberadaan PDSI ini dianggap sebagai organisasi tandingan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang sudah berdiri sejak 24 Oktober 1950 di Indonesia.

Adapun PDSI ini mendaulat nama Brigjen TNI (Purn) dr Jajang Edi Prayitno sebagai Ketua Umum PDSI. Brigjen (Purn) dr Jajang Edi Prayitno adalah mantan staf khusus dari dokter Terawan Agus Putranto sewaktu masih menjadi Menteri Kesehatan.

Baca Juga: MKEK Berhentikan dr. Terawan dari Keanggotaan IDI, Ini Masalahnya

Bersama dr. Terawan, dr. Jajang pun dikenal sebagai mantan dokter di RSPAD Gatot Subroto. Selain itu, hubungan personal keduanya adalah kawan karib.

Pada awal deklarasi perdana PDSI, Brigjen TNI (Purn) Jajang Edi Prayitno mengatakan PDSI merupakan alternatif wadah profesi kedokteran, dan tidak menginduk kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Sebelum, PDSI terbentuk, organisasi ini telah mengantongi legitimasi di Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

Baca Juga: Menkes Jelaskan Adanya 3 Vaksin Rutin Lengkap Tambahan

"Organisasi PDSI resmi berdiri sebagai kesatuan organisasi berdiri sendiri. Jadi kita berdiri terpisah dengan organisasi (IDI) yang selama ini, kita sudah punya ketetapan hukum dari Kemenkumham, jadi kita resmi diakui oleh pemerintah. Kita di bawah Konsil Kedokteran Indonesia," kata dokter Jajang Edi Prayitno saat konferensi pers di Jakarta Pusat, Rabu, 27 April 2021.

Menurut dr Jajang Edi Prayitno keberadaan PDSI akan memberi warna baru pada kebijakan organisasi yang menyangkut tenaga medis yang kemarin didominasi oleh IDI.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x