Ini Dia Rompi Penurun Suhu! Pertolongan Pertama Bagi Pasien Heat Stroke

- 28 Juni 2022, 12:46 WIB
Rompi penurun suhu untuk penanganan kasus heat stroke pada haji di Arafah, Muzdhallifah, dan Mina (Armuzna) pada musim haji 2022. (ANTARA/HO-KKHI Mekah)
Rompi penurun suhu untuk penanganan kasus heat stroke pada haji di Arafah, Muzdhallifah, dan Mina (Armuzna) pada musim haji 2022. (ANTARA/HO-KKHI Mekah) /

ARAHKATA - Pada musim haji 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memanfaatkan teknologi carbon cool yang didesain menjadi set rompi penurun suhu untuk penanganan kasus heat stroke pada jemaah haji di Armuzna.

Sebagai informasi, heat stroke adalah suatu kondisi yang meningkatnya suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat Celcius dan adanya gangguan pada sistem saraf.

Rompi ini juga akan digunakan oleh petugas kesehatan yang bertugas di wilayah armuzna sebagai tindakan pencegahan.

Baca Juga: Ratusan Nakes Bertugas di Arab Saudi, Siap Pastikan Kesehatan Jemaah Haji Indonesia

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana, MARS.

"Rompi penurun suhu ini merupakan inovasi pelayanan kesehatan di musim haji 1443 H, untuk penanganan kasus heat stroke yang mungkin terjadi di musim haji 2022 ini,'' ujar Budi Senin, 27 Juni 2022.

Sebanyak 10 Jaket sudah disiapkan untuk petugas, sementara 20 jaket disiapkan untuk pertolongan pertama pada jemaah heat stroke.

Baca Juga: Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zam Zam di Bagasi, Ini Alasannya

Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Dr dr Rr Suzy Indharty MHA MKes SpBS(K) mengatakan bahwa pengukuran suhu dan tanda vital jemaah menjadi parameter dalam penggunaan rompi set ini.

"Suhu diukur secara continues, dan akan dihentikan setelah suhu pasien turun mencapai 38 derajat, untuk kemudian diberikan terapi standar lainnya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x