Kasus Gagal Ginjal Akut Anak di Indonesia Capai 255 Laporan

- 25 Oktober 2022, 22:56 WIB
Daftar Obat Sirup yang Dilarang BPOM Terbaru 2022, Diduga Dikonsumsi Pasien Anak Gagal Ginjal Akut!
Daftar Obat Sirup yang Dilarang BPOM Terbaru 2022, Diduga Dikonsumsi Pasien Anak Gagal Ginjal Akut! /Ilustrasi: Freepik/user18526052

ARAHKATA - Kasus gagal ginjal akut anak yang terjadi di Indonesia hingga kini telah tercatat mencapai 255 kasus. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI, dr M Syahril dalam keterangan persnya secara virtual, dikutip ArahKata.com Selasa, 25 Oltober 2022.

"Hingga saat ini ada 255 kasus gagal ginjal akut pada anak yang terjadi di 26 provinsi dengan jumlah yang meninggal sejumlah 144 anak," ungkap Syahril.

Diterangkan Syahril, jumlah kasus tersebut sedikit berkurang pascapelarangan dan penghentian peredaran dan penggunaan obat sirop yang digunakan masyarakat.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Ungkap Identitas Perempuan Terobos Istana, Gunakan Face Recognition

"Surat Edaran tentang penghentian pemberian obat sirop pada anak yang tengah demam berdampak baik pada penambahan jumlah kasus," tambahnya.

Singapura dan Australia pada akhir pekan lalu memberikan dampak positif terhadap pasien anak yang tengah dirawat akibat menderita gagal ginjal akut. Sehingga dalam waktu dekat akan didatangkan ratusan obat tersebut dari beberapa negara seperti Jepang.

"Sejauh ini, di RSCM 10 pasien anak dari 11 pasien telah menggunakan obat tersebut dengan menerima 3-4 suntikan dari 6 suntikan yang disarankan dan hasilnya menunjukan perbaikan kondisi kesehatan, salah satunya bisa kembali bisa buang air kecil lagi," tegasnya.

Baca Juga: Gegara Tahu Bisnis Gelap Ferdy Sambo, Kamaruddin Sebut Brigadir J Dibunuh

Pihak Syahrial memastikan bahwa pasien yang menderita gagal ginjal akut tersebut bisa didapatkan para pasien anak yang terindikasi menderita gagal ginjal akut.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x