Menko PMK: Umat muslimin Sebaiknya Rayakan Idul Fitri dengan Sederhana

- 21 April 2023, 11:44 WIB
Menteri PMK Muhadjir Effendi, menjelaskan semua pihak harus proaktif tangani penyakit gagal ginjal akut.
Menteri PMK Muhadjir Effendi, menjelaskan semua pihak harus proaktif tangani penyakit gagal ginjal akut. /PMJ News/

ARAHKATA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengimbau agar muslimin menjalankan Idul Fitri 1444 H dengan sederhana.

"Semua Muslim tidak perlu menunjukkan siapa yang paling menang, mari kita rayakan Idul Fitri 1444 H ini dengan sederhana, laksanakan dengan rendah hati dan sambut dengan perasaan yang gembira," kata Muhadjir usai shalat Id di lapangan gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 21 April 2023.

Muhadjir juga mengatakan, semua umat Islam tidak perlu terlalu menunjukkan siapa yang menang, karena selama Ramadhan, belum tentu kita sebagai kaum muslimin telah melaksanakannya dengan baik dan benar.

Baca Juga: Sejarah Tradisi Berkirim Parsel dan Hantaran Jelang Lebaran

"Lebih baik kita memantapkan diri untuk beribadah dan berserah diri kepada Allah, juga meningkatkan kerja keras kita, karena salah satu tanda orang berdedikasi kepada Allah adalah dia terus bekerja keras agar berhasil," tutur Menko PMK.

Muhadjir juga mengatakan, dalam merayakan Idul Fitri masyarakat tentu seringkali mengucapkan "Taqobalallahu minna wa minkum," yang artinya: "Semoga Allah menerima amal ibadah kami dan amal ibadah kalian semua."

"Jadi lewat ucapan itu, sebelum kita minta macam-macam, sebaiknya kita memohon kepada Allah agar persembahan ibadah kita selama Ramadhan bisa diterima," tuturnya.

Baca Juga: SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah, Catat Lokasinya!

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia telah memutuskan bahwa Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada esok hari,
22 April 2023 tetapi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah memutuskan untuk menyelenggarakan shalat Id hari ini.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x