Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Usai Uji Coba Pesawat Tanpa Awak

- 8 Juni 2023, 09:35 WIB
Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Usai Uji Coba Pesawat Tanpa Awak
Mahasiswa ITB Meninggal Dunia Usai Uji Coba Pesawat Tanpa Awak /Pexels/

ARAHKATA - Kabar duka datang dari keluarga besar ITB usai seorang mahasiswa bernama Muhammad Rasyid Ghifary meninggal dunia karena kecelakaan.

Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB itu meninggal dunia saat uji coba pesawat tanpa awak pada Selasa 6 Juni 2023.

Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB, Prof Dr Tatacipta Dirgantara mengungkapkan, Rasyid meninggal saat berkegiatan dengan UKM Aksantara ITB untuk uji coba pesawat tanpa awak.

Baca Juga: Gantikan Mendiang Eril Wisuda di ITB, Ridwan Kamil Tegaskan Ini

"Itu adalah mahasiswa mesin angkatan 2021, jadi mahasiswa di fakultas kami, mahasiswa itu sedang bersama timnya sedang melakukan kegiatan di unit kegiatan mahasiswa (UKM)," ungkap Tatacipta, Rabu 7 Juni 2023.

Dia mengatakan, UKM Aksantara ITB tengah bersiap mengikuti mengikuti perlombaan KRT (Kontes Robot Terbang) dengan membuat pesawat tanpa awak.

Setelah selesai dibuat, pesawat itu akan diuji coba di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Kegiatan Belajar di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB Dihentikan, Kenapa?

Namun saat tengah uji coba, pasang pelontar pesawat tanpa awak tercabut dan mengenai tubuh Rasyid. Hal itu gegara tanah dalam kondisi basah pasca hujan.

"Selasa sore itu hujan ya, kemudian sesudah reda mereka kemudian mencoba. Tapi karena hari Senin, Selasa hujan jadi tanah itu basah, jadi dia menancapkan pasak ke tanah. Jadi karena basah, nggak kuat," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x