Bisakah Penerima Vaksin Covid 19 Bisa Alami Reaksi Anafilaktik ?

- 21 Februari 2021, 05:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19.
Ilustrasi vaksin Covid-19. /Pixabay/WiR_Pixs/

ARAHKATA – Beberapa penerima vaksin Covid 19 bertanya apakah setelah melakukan vaksinasi akan menimbulkan efek samping terutama Reaksi Anafilaktik?

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Reaksi Anafilaktik adalah syok yang disebabkan oleh reaksi alergi yang berat. Syok Anafilaktik membutuhkan pertolongan yang cepat dan tepat. Untuk itu fasilitas pelayanan kesehatan harus selalu siap mengantisipasi kemungkinan kejadian tersebut.

Baca Juga: Indonesia Segera Punya Vaksin Nusantara, Kenapa Ikatan Dokter Meradang?

Reaksi Anafilaktik muncul jika vaksinasi dilakukan dengan skala besar itupun memiliki catatan terjadi hanya satu atau dua kasus saja. Karena memang Reaksi Anafilaktik terbilang sangat jarang kejadiannya setelah melakukan vaksinasi.

Penyebab terjadinya Reaksi Anafilaktik tidak hanya karena vaksin, tetapi bisa terjadi akibat lain diantaranya antibiotik, kacang, nasi maupun zat kimia.

Di Indonesia sampai saat ini belum ada pelaporan terkait Reaksi Anafilaktik setelah melakukan vaksinasi Covid-19. Hanya reaksi ringan saja yang muncul setelah melakukan vaksinasi yang mudah di atasi diantaranya, mengantuk, nyeri otot maupun lemas.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 untuk Lansia, Satgas Covid-19: Sudah Aman, Kok!

Sangat di harapkan jika ada masyarakat Indonesia yang terkena Reaksi Anafilaktik setelah vaksinasi sebaiknya segera laporkan secara berjenjang di setiap kejadiannya untuk didentifikasi oleh petugas kesehatan yang menyelenggarakan imunisasi.

Ingat ya, melakukan vaksinasi itu lebih baik manfaatnya jika dibandingkan dengan risikonya terlebih sudah sesuai dengan WHO yang sudah sangat dipastikan aman untuk digunakan.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x