Akibat Banjir, Kemenhub Perbaiki Jalur KA Ambles di Bekasi

- 23 Februari 2021, 12:29 WIB
Puluhan petugas tengah melakukan perbaikan rel di Kedunggedeh - Lemahabang, wilayah Daop 1 Jakartakereta api (KA) di  yang pondasinya tergerus banjir, Senin 22 Februari 2021/Humas KAI
Puluhan petugas tengah melakukan perbaikan rel di Kedunggedeh - Lemahabang, wilayah Daop 1 Jakartakereta api (KA) di yang pondasinya tergerus banjir, Senin 22 Februari 2021/Humas KAI /

ARAHKATA - Kementerian Perhubungan dan PT KAI masih memperbaiki jalur kereta api jarak jauh di Kabupaten Bekasi. 

Amblesnya jalur kereta api di Stasiun Lemah Abang dan Stasiun Kedunggedeh telah terjadi pada Minggu, 21 Februari 2021 mengakibatkan sejumlah perjalanan terganggu.

"Alhamdulillah, hari ini tim dapat mulai melakukan perbaikan lebih maksimal karena air sudah mulai surut," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, dalam keterangannya, Senin, 22 Februari 2021 malam.

Baca Juga: Banjir, PT KAI Bakal Kembalikan Uang Tiket

Menurut Zulkifri analisa sementara kerusakan pada jalur perlintasan kereta api akibat curah hujan ekstrim yang terjadi pada Minggu kemarin. Sampai menyebabkan tanah pijakan kereta api amblas dan terjadi sedikit kerusakan pada perlintasan bantalan rem.

Selain itu, asumsi dari invetigasi kerusakan internal Kemenhub menemukan fakta bahwa jalur kereta ini tidak bisa dilewati kereta api karena beberapa titik terendam air. 

Sampai akhirnya, berujung pada perubahan keberangkatan hingga pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh baik dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga: PT KAI Batalkan Perjalanan Jarak Jauh Surabaya-Jakarta

"Kemarin tim tidak bisa bekerja optimal karena aliran air begitu deras menggerus ballast dan bantalan rel. Namun demikian, sejak sore kemarin hingga hari ini terus dilakukan mobilisasi ballast dan alat kerja sehingga saat ini bisa lebih cepat dikerjakan," tutur Zulkifri.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x