Gempa 5,1 SR Guncang Banten

- 26 Februari 2021, 11:16 WIB
Gempa di Sumur Banten, dengan magnitudo 5,1
Gempa di Sumur Banten, dengan magnitudo 5,1 /infobmkg/

ARAHKATA - Gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang daerah Sumur, Pandeglang Banten, Jumat 26 Februari 2021. Gempa yang terjadi dini hari ini sempat mebuat panik warga yang sedang beristirahat.

Data yang diperoleh, gempa yang terletak di 11 km Tenggara Sumur, Banten berada di kedalaman 40 Km terjadi pukul 02:45:06 Wib dengan koordinat 6.76 lintang selatan,105.60 bujur timur. Gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami.

Tri Marsanti salah seorang warga mengaku, getaran dirasakan hingga di Kota Tangerang. "Tadi sempat ngerasain sebentar. Kirain ada apa sampai kepalaku pusing. Ternyata ada gempa," ujarnya kepada arahkata.com.

Baca Juga: Kota Bekasi Terapkan Polder Pengendali Air Atasi Banjir di Bekasi Barat

Hal senada juga disampaikan Fika Kurniasari, warga Labuan Banten. "Barusan terjadi gempa di daerah Labuan,Lumayan tp beberapa detik.Terasa dua kali goncangan. Yang1 besar lalu kecil," pungkas ibu satu orang anak ini.

Terpisah, Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Vambang Setio Prayitno dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=5,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,75 LS dan 105,6 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 54 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 60 km.

Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Baca Juga: Pemkot Semarang kerahkan Pompa Drainase Sedot Air di Empat Wilayah

Guncangan gempa ini dirasakan di daerah Pandeglang III-IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Malingping, Carita, Sumur, Munjul, dan Labuan II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x