TNI AU Kerahkan 2 Pesawat F-16 Pantau Karhutla Riau

- 11 Maret 2021, 11:52 WIB
Pantauan udara Karhutla di Riau oleh TNI AU.
Pantauan udara Karhutla di Riau oleh TNI AU. /Dok. TNI AU

ARAHKATA - Sebayak dua unit pesawat tempur F 16 milik TNI AU Skadud 16 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, yang sedang melakukan latihan profisiensi, dikerahkan untuk memantau titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Selasa 9 Maret 2021.

Dari pantauan udara, ditemukan dua titik api yang berlokasi diperbatasan Kabupaten Siak dan Bengkalis.

Pesawat F-16 TS -1608 diterbangkan Mayor Pnb Andry Setyawan S.T., MMOAS dan TS-1623 diterbangkan Kapten Pnb Yusuf Atmaraga/LettuPnb Galih Rakasiwi.

Baca Juga: Industri Besar Masuk ke Produk UMKM Pangan, Legislator Ini Berikan Syarat

Patroli udara "Harpy Flight" dilaksanakan bersamaan dengan latihan profisiensi BFM (Basic Flight Maneuver) di MTA (Military Training Area).

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro dalam keterangan resminya mengatakan, upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan oleh pihaknya.

Hal itu merupakan komitmen bersama seluruh elemen yang tergabung di dalam Satgas siaga penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Riau.

Baca Juga: Nurhadi Divonis 6 Tahun, KPK Ajukan Banding

"Pesawat tempur yang ada di Lanud Rsn akan terus melakukan patroli udara bersamaan dengan melaksanakan latihan, hal ini sebagai upaya untuk mencegah Karhutla di Riau dan juga membantu pemerintah daerah dalam upaya bersama-sama mewujudkan Riau tanpa asap. Diharapkan semua elemen dapat mendukungnya," ujar Marsma TNI Andi Kustoro.

Patroli udara dapat membantu mendeteksi secara dini titik api untuk pencegahan penyebaran kebakaran hutan dan lahan di Sumatera khususnya wilayah Riau. Hasil pemantauan akan langsung disampaikan oleh penerbang F-16 kepada posko Karhutla untuk tindakan pemadaman lebih lanjut.

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x