Badan Intelijen Negara Pastikan Jaringan Internalnya Aman

- 14 September 2021, 14:36 WIB
BIN disusupi hacker China
BIN disusupi hacker China /BIN

ARAHKATA - Badan Intelijen Negara (BIN) memastikan server internalnya aman dari peretasan. Hal ini menanggapi adanya dugaan sistem jaringan BIN diretas oleh kelompok hacker China, Mustang Panda.

"BIN saat ini terus mendalami dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait kebenaran informasi peretasan server BIN maupun kementerian/lembaga lainnya," ungkap Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Hari Purwanto kepada wartawan, Selasa, 14 September 2021.

Wawan menilai serangan siber ke lembaga negara merupakan hal yang wajar. "Serangan siber terhadap BIN adalah hal yang wajar, mengingat BIN terus bekerja untuk menjaga kedaulatan NKRI dan mengamankan kepentingan nasional," tuturnya.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Belanja di Supermarket Wajib Pakai PeduliLindungi

Lebih lanjut Wawan mengatakan, pihaknya selalu melakukan pengecekan secara berkala terhadap sistem yang berjalan, termasuk server.

BIN pun bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) agar jaringannya tak diretas oleh pihak manapun.

"BIN bekerjasama dengan BSSN, Kominfo serta lembaga pemerintah lainnya untuk memastikan jaringan BIN aman dan bebas dari peretasan," tegasnya.

Baca Juga: KPI Minta Maaf Usai Izinkan Saipul Jamil Tampil di TV

Diberitakan sebelumnya, setidaknya ada 10 kementerian dan lembaga telah disusupi hacker asal China, yang menamakan dirinya Mustang Panda. Hal ini terungkap dari laporan Insikt Group.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x