Respon Positif Pesan Kapolri Soal 'Padamkan Api Sejak Kecil'

- 16 November 2021, 15:16 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan di momen HUT Brimob Polri ke 76.
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan di momen HUT Brimob Polri ke 76. /dok Humas Polda Jateng

ARAHKATA - Dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang berlangsung di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan—di hadapan para Perwira Tinggi (Pati) yang baru saja diamanahkan jabatan baru, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sampaikan sebuah pesan mendalam: “Jangan padamkan api sebelum api itu besar.”

Menurut Dinal Gusti, Dirut LSP Indonesia, pesan bijak Kapolri Listyo dalam forum tertutup tersebut, menjadi imperatif moral yang harus diwujudkan dalam laku (perbuatan) bagi seluruh Perwira Tinggi Polri. Selain itu, kepekaan dan kemampuan Pimpinan Polri dalam melakukan pemetaan lapangan sangat menentukan.

"Kepekaan dan kemampuan melakukan pemetaan lapangan sangat menentukan langkah seorang Pimpinan Polri dalam upaya pencegahan (preventif) dan penindakan (represif). Hal itu sangatlah diperlukan guna mewujudkan tugas pokok Kepolisian untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," tutur Dinal.

Baca Juga: Pesan Menteri Agama di Hari Toleransi Internasional

Menurut Dinal, Sebagai pucuk pimpinan tertinggi Korps Bhayangkara, Kapolri Listyo memiliki visi besar untuk mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi).

Dalam mewujudkan Visi tersebut, Kapolri tak hanya dihadapkan dengan tantangan yang bersifat eksternal, melainkan juga dari internal Kepolisian itu sendiri.

"Rangkaian fenomena pelanggaran oknum Polisi di sejumlah daerah menjadi renungan kritis bagi Kapolri untuk segera melakukan evaluasi dari dalam. Kami dukung sepenuhnya langkah tersebut," tegas Dinal.

Ada sebuah adagium lama yang berbunyi : “Karena nila setitik, rusak susu sebelangga.” Artinya, kesalahan kecil mampu meniadakan semua kebaikan yang telah diperbuat. Menurut Deni Wahyudi, Sekretaris LSP Indonesia, Adagium itu sesuai untuk melukiskan apa yang dialami Institusi Polri di era Pandemi seperti ini.

Baca Juga: Ini Cara Kapolresta Sidoarjo Saat Pendekatan Terhadap Masyarakat

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x