WHO Namai Varian Baru COVID-19 dengan Omicron

- 27 November 2021, 14:19 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/Ramdlon/

ARAHKATA - Dunia dihebohkan dengan varian Corona baru B11529 yang kabarnya lebih berbahaya dari virus COVID-19 sebelumnya dan mampu melawan vaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut varian tersebut ditemukan di Afrika Selatan dan berstatus Variant of Concern (VOC).

Lebih lanjut WHO menamakan varian ini dengan Omicron.

Baca Juga: WHO Izinkan Vaksin Malaria Pertama di Dunia

"Berdasarkan bukti yang ditampilkan menunjukkan perubahan yang merugikan dalam epidemiologi COVID-19... WHO telah menetapkan B11529 sebagai variant of concern bernama Omicron," demikian pernyataan resmi dari WHO dikutip Arahkata, Sabtu 27 November 2021.

Untuk memahami apa itu VOC, berikut karakteristik dari varian yang berstatus Variant of Interest (VOI) dan Variant of Concern (VOC).

VOI:

- Perubahan genetik yang diperkirakan atau diketahui mempengaruhi karakteristik virus seperti penularan, keparahan penyakit, pelepasan kekebalan, pelepasan diagnostik atau terapeutik.

Baca Juga: Corona Melonjak Tinggi, WHO Desak Indonesia Lakukan PSBB

- Yang telah diidentifikasi sebagai penyebab penularan komunitas yang signifikan atau beberapa klaster COVID-19, di banyak negara dengan prevalensi relatif yang meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kasus dari waktu ke waktu, atau dampak epidemiologis nyata lainnya yang menunjukkan risiko yang muncul terhadap kesehatan masyarakat global.

Halaman:

Editor: Tia Martiana

Sumber: AFP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x