Komnas Perempuan Angkat Bicara Ceramah Oki Setiana Dewi Soal KDRT

- 4 Februari 2022, 07:00 WIB
potongan layar instagram Oki Setiana Dewi saat Ceramah
potongan layar instagram Oki Setiana Dewi saat Ceramah /Instagram @okisetianadewi

ARAHKATA - Pendakwah Oki Setiana Dewi baru-baru ini sedang menjadi perbincangan warganet.

Pasalnya, Oki Setiana Dewi mengunggah video ceramahnya di TikTok pribadinya yang menormalkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dalam salah satu potongan isi ceramahnya yang kini tengah viral tersebut, Oki berbicara soal seorang istri yang baru saja dipukul suaminya.

Baca Juga: Anggap Menormalkan KDRT, Oki Setiana Dewi Dikecam Warganet

Namun, Oki mengatakan sang istri lalu tidak menceritakan tindakan suaminya itu ketika orang tuanya berkunjung ke rumah. Ceramah Oki itu lalu dikritik masyarakat.

Salah satu kritik datang dari Komnas Perempuan. Ada tiga poin dari ceramah Oki Setiana Dewi yang disorot oleh Komnas Perempuan.

"Komnas Perempuan menyesalkan ceramah yang berisi anjuran untuk tidak menceritakan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau kekerasan terhadap istri yang dialami perempuan kepada orang tuanya. Dari ceramah itu, ada tiga poin, yaitu, pertama, tidak masalah suami memukul istri. Kedua, istri tidak boleh menceritakan kekerasan yang dialaminya karena merupakan aib rumah tangga. Dan ketiga, tidak mempercayai korban dan menilai dilebih-lebihkan," kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah, Kamis 3 Februari 2022.

Baca Juga: Sheila Marcia Tegaskan Matanya Lebam Bukan Hasil KDRT

Menurut Siti, status Oki Setiana Dewi yang merupakan seorang penceramah harus membuatnya lebih peka dalam membagikan pesan agama yang berpihak kepada perempuan.

Oki, kata Siti, seharusnya sadar bahwa kekerasan dalam bentuk apa pun tidak dibenarkan dalam agama.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x