Jelang Presidensi G20, Menkes Pastikan Kesiapan Faskes

- 26 Februari 2022, 15:51 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers terkait perkembangan Covid-19 terkini. (Foto: PMJ News/YouTube Sekretariat Presiden) /

ARAHKATA - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, memastikan kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) di Bali, untuk mendukung perhelatan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Budi mengatakan, faskes (fasilitas kesehatan) di Bali terutama rumah sakit (RS) beserta tenaga medis sudah siap.

Secara nasional, ketersediaan tempat tidur perawatan di rumah sakit (RS) sebanyak 400 ribu, 30 persen di antaranya dialokasikan untuk perawatan COVID-19.

Baca Juga: Bahas G20, Presiden Jokowi Bertemu dengan Delegasi Bank Dunia

“Jadi 120 ribu itu 30 persen dari 400 ribu. Kenapa 30 persen, karena masih ada orang yang juga sakit jantung, sakit kanker, sakit ginjal, dan lain-lain yang harus juga dirawat,” ujarnya Jumat, 25 Februari 2022.

Dari 120 ribu tempat tidur yang didedikasikan untuk COVID-19 sampai sekarang yang terisi cuma 38 ribu kamar.

Padahal kasus COVID-19 di Indonesia terutama varian Omicron sudah lebih tinggi dari puncak varian Delta yang telah menggunakan kamar perawatan sampai 100 ribu.

Baca Juga: Presidensi G20 Indonesia Akan Fokus Pemulihan Dunia Pasca Pandemi

Saat ini, puncak kasus varian Omicron sudah lebih tinggi dari puncak Delta, namun keterpakaian kamar perawatan di RS hanya 38 ribu. Jadi kamar perawatan di RS jauh lebih rendah dibandingkan saat Delta.

“Sehingga saya tidak terlalu khawatir dari kebutuhan rumah sakit untuk pelaksanaan pertemuan G20,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x