Dihadapan DPRD Jatim Kades Sekapuk Impikan Hotel Apung di Desa Miliader

- 10 Maret 2021, 23:16 WIB
Dihadapan DPRD Jatim Kades Sekapuk Impikan Hotel Apung di Desa Miliader
Dihadapan DPRD Jatim Kades Sekapuk Impikan Hotel Apung di Desa Miliader /Adi/Arahkata

ARAHKATA - Meski dijuluki sebagai Desa Miliader, Desa Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik terus ingin mengembangkan kawasannya untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Dulunya desa ini merupakan daerah miskin karena menjadi tempat pembuangan sampah.
Namun berkat pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), daerah tersebut mampu menarik perhatian wisatawan hingga mampu mendapatkan penghasilan dari sektor wisata miliaran.

Pada tahun 2020 mendapat penghargaan Desa Brilian terbaik se-Indonesia oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa dan Kementerian BUMN karena mampu mengelola dengan baik pemerintahan desa dan BUMDes.

Baca Juga: Poros Rawamangun Minta Pemda Berikan Bantuan Natura

Membooming-nya Desa Sekapuk sebagai "Desa Miliader" mendapat perhatian dari Komisi A DPRD Jatim untuk menggali inspirasi buat desa lainnya agar mandiri. Komisi yang membidangi hukum dan pemerintahan itu meninjau langsung Desa Sekapuk dipimpin ketuanya Mayjen TNI (Purn) Istu Hari Subagio didampingi Wakil ketua Komisi Hadi Dediyansyah, dan anggota meliputi Muzammil Syafi'i, Ahmad Firdaus Fibrianto, Aisyah Lilia Agustina, Heri Setiawan, serta Siadi pada Rabu 10 Maret 2021.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Sekapuk, Abdul Halim menyampaikan impiannya membangun hotel apung di daerahnya dihadapan Ketua dan anggota Komisi A DPRD Jawa Timur melakukan kunjungan kerja. Hal ini untuk menggenjot pendapatan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Istu Hari Subagio mengaku kunjungan ini bagian dari sosialisasi Perda No.08/2015 tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa, sekaligus mendorong kebangkitan ekonomi desa melalui BUMDes dan UMKM. Mengingat Desa Sekapuk tergolong desa yang sukses dan mampu bangkit. Meskipun di tengah pandemi covid-19.

Baca Juga: Puluhan Lapak Terbakar di Perbatasan Bekasi Kota, Lalin Terpantau Macet

"Kami ingin mengetahui strateginya seperti apa biar bisa ditularkan ke desa-desa yang lain," tuturnya.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x