Sekolah Tak Berfungsi, Pemerintah Diminta Manfaatkan Jadi RS Darurat

- 12 Juli 2021, 22:50 WIB
Rumah Sakit Darurat Covid Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur
Rumah Sakit Darurat Covid Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur /dok Sekretariat Presiden BPMI

ARAHKATA - Untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit darurat, Komisi E DPRD Jawa Timur mendesak Pemerintah agar untuk sementara menyulap sekolah menjadi rumah sakit darurat.

Ketua komisi E DPRD Jatim Wara Sundari Reny Pramana mengatakan, lonjakan pasien COVID-19 saat ini terus melonjak.

Untuk itu, pemerintah harus menunda pembelajaran tatap muka dulu. Dengan ditundanya pembelajaran tatap muka, maka sekolah dapat dialihfungsikan sementara sebagai rumah sakit darurat.

Baca Juga: PPKM Darurat, Pemkot Depok Tindak Ribuan Pelanggar

Jika nantinya sekolah dibuat untuk RS darurat, maka fasilitasnya harus memenuhi standar rumah sakit. Usulan ini karena banyak pasien yang tidak mendapatkan kamar dan pelayanan di rumah sakit sudah tak tersedia.

"Saya prihatin sekali sekarang ini situasinya sudah tidak normal. Solusi salah satunya yaitu menjadikan sekolah yang letaknya terdekat dengan masyarakat sebagai rumah sakit darurat," katanya, dikonfirmasi, Senin 12 Juli 2021.

Mantan ketua DPRD kabupaten Kediri ini mengatakan jika nantinya benar-benar berfungsi sama dengan rumah sakit darurat, maka pemenuhan standart pelayanan covid-19 di sekolah-sekolah tersebut harus tersedia.

Baca Juga: Pemkab Bantul Adakan Job Fair Virtual Saat Pandemi COVID-19

“Ketersediaan tabung oksigen dan yang lainnya harus terpenuhi. Jangan sampai masyarakat yang terpapar covid-19 kekurangan oksigen,”jelasnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 merupakan ujian bersama untuk Bangsa Indonesia untuk bisa menumbuhkan kembali semangat gotong-royong di dalam masyarakat.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x