Rekapitulasi Suara Amin Paling Rendah dari Hasil Rekap di 7 Provinsi

- 12 Maret 2024, 17:49 WIB
Hasil Survei ARCHI Tunjukkan Elektabilitas Anies-Imin Naik, Prabowo-Gibran Turun
Hasil Survei ARCHI Tunjukkan Elektabilitas Anies-Imin Naik, Prabowo-Gibran Turun /Youtube Pikiran Rakyat

ARAHKATA - Perolehan suara pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 1, Anies-Baswedan-Muhaimin Iskandar tak signifikan dibanding dua pasangan calon lainnya, berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional di 7 provinsi.

Merangkum hasil rekapitulasi suara di 7 provinsi tersebut yang digelar Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), sejak Sabtu, 9 Maret hingga Senin kemarin, 11 Maret 2024.

Tujuh provinsi yang telah selesai dilakukan rekapitulasi suara tingkat nasional untuk pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024, di antaranya tersebar pada Pulau Jawa dan Pulau Sumatera 2 provinsi, serta Pulau Sulawesi, Kalimantan dan Bali masing-masing 1 provinsi.

 Baca Juga: Ganjar-Mahfud Keok di Kandang Banteng, Selisih 5,8 Juta Suara dengan Paslon Nomor

Provinsi-provinsi tersebut antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Gorontalo, Kalimantan Tengah, dan Bali.

Dari 7 provinsi itu, pasangan Anies-Muhaimin atau yang biasa dikenal dengan singkatan Amin perolehan suaranya tidak sebanyak pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Amin mencatat perolehan angka paling kecil yaitu hanya 5.735.343. Sementara, suara Prabowo-Gibran mencatat perolehan suara hingga 23.626.052. Adapun pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh suara dua kali lipat lebih banyak, yaitu 11.267.152.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Merajai 9 Provinsi Termasuk 'Kandang Banteng' Jawa Tengah

Kendati begitu, Amin masih tetap unggul di 4 provinsi dari pasangan Ganjar-mahfud yang antara lain di Lampung, Sumatera Selatan (Sumsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Gorontalo.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah